Pereli Nasional Bedah Keunggulan Desain Dynamic Shield Mitsubishi Xpander

  • Rabu, 23 Agustus 2017 22:30 WIB

Rifat Sungkar & petinggi PT MMKY Sales Indonesia: Osamu Iwaba (Director of Sales & Marketing Div.), Amiruddin (Head of Sales & Marketing Reg. 2 Dept.), dan Heru Siswantoro (Head of Sales And Marketing East Java, Bali & NTB Section). | Indramawan

Di hadapan wartawan yang hadir pada acara press conference terkait Launching Exhibition Mitsubishi Xpander di Surabaya yang digelar kemarin (23 Agustus 2017) di Ciputra World, pereli nasional sekaligus Product Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar membedah keunggulan kendaraan yang diklaim sebagai Next Generation MPV ini.

undefined
Rifat Sungkar, pereli nasional sekaligus Product Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

Menurut pria yang kerap memenangkan kejuaraan nasional maupun internasional reli ini, kenapa Xpander disebut sebagai Next Generation MPV adalah karena secara konsep desain kendaraan ini adalah gabungan dari 2 struktur desain kendaraan yang berbeda yaitu MPV dan SUV (atau disebut crossover MPV), yang merupakan jawaban Mitsubishi terhadap tuntutan dan kebutuhan masyarakat Indonesia akan kendaraan MPV.

Wujud dari penggabungan 2 struktur desain kendaraan yang berbeda tersebut adalah kombinasi antara desain eksterior yang dinamis dan tangguh layaknya SUV Mitsubishi, yaitu Pajero Sport dengan interior yang lapang serta memiliki fungsi dan banyak kegunaan layaknya MPV masa depan.

undefined
Xpander menggabungkan desain SUV eksterior yang dinamis dan tangguh dan interior lapang serta memiliki fungsi dan banyak kegunaan layaknya MPV.

“Pertama saya mau bicara soal desain. Desain dasar dari Xpander berhubungan erat dengan 2 mobil yang ada, yaitu Mitsubishi Outlander PHEV dan saudaranya Pajero Sport. Sebenarnya, ada lagi yaitu Mitsubishi Eclipse Cross yang baru saja launching di benua lain di luar Asia,” buka Rifat.

Dari kombinasi semua mobil ini, menurut Rifat, Mitsubishi punya satu signature design yang disebut Dynamic Shield, yang mana itu terlihat pada desain bagian depan mobil, yang akan menjadi ciri kendaraan penumpang Mitsubishi sejak Pajero Sport dan seterusnya.

Tak hanya memberikan desain kombinasi sporty, dinamis, dan elegan yang semua bercampur menjadi satu, Dynamic Shield juga memberikan keuntungan lain.

undefined
Layout lampu depan yang unik, fungsional dan optimal dalam pencahayaan dengan 3 posisi lampu.

Dicontohkan oleh Rifat adalah layout lampu depan yang unik, fungsional dan optimal dalam pencahayaan. “Kita memiliki 3 poisisi lampu. Yang ada di bagian atas itu adalah LED positioning lights. Sementara lampu utama ada di bagian bumper. Tapi bukan berarti lampu utama kita ada di bawah lho. Sebab dengan desain Dynamic Shield ini, kita bisa memiliki kap mesin yang tipis. Sehingga kalau diukur ketinggiannya, posisi lampu utama ini sama dengan MPV pada umumnya di Indonesia,” jelas Rifat.

“Selain itu ada juga foglamp yang posisinya ada di bawah sendiri dan agak ke tengah, sehingga sangat menguntungkan untuk visibilitas di malam hari.

undefined
Keuntungan lain dari Dynamic Shield adalah terkait dengan aerodinamika.

Keuntungan lain dari Dynamic Shield adalah terkait dengan aerodinamika. “Desain Dynamic Shield yang dinamis dengan sudut-sudut lancip yang membentuk sirip-sirip ini juga berfungsi membuang aliran udara ke samping dan ke atas lebih banyak, sehingga koefisien gesek atau hambatan udara di bagian depan menjadi rendah. Ini paling terasa saat kita melaju di jalan lurus, ketika hambatan udara sangat besar yang mengakibatkan efisiensin bahan bakar di atas kecepatan 60 km/jam akan sangat low. Nah, dengan Dynamic Shield ini, kita bisa mengurangi hambatan udara tadi serendah mungkin, sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih irit,” papar Rifat.

Selain itu, sirip-sirip pada desain Dynamic Shield ini juga berfungsi mengalirkan udara dari depan mengarah ke radiator sehingga membantu proses pendinginan mesin. “Karena itulah grill dibuat besar-besar, supaya makin banyak udara yang dialirkan untuk mendinginkan radiator. Ingat, kunci performa mesin yang maksimal adalah proses pendinginan radiator yang baik,” kata Rifat.

 

Struktur Kaki-Kaki Evolution

undefined
Struktur kaki-kaki menggunakan teknologi Mitsubishi Evolution.

Selain desain Dynamic Shield, Xpander juga memiliki banyak fitur lain (lihat foto galeri). Namun ada satu fitur lain yang menjadi perhatian OTOPLUS yaitu soal handling. Xpander menggunakan struktur kaki-kaki dari depan dan belakang yang menggunakan teknologi Mitsubishi Evolution.

“Sesuai profesi, saya sangat sensitif dengan handling mobil. Dan ketika saya menjajal Xpander ini di Jepang bersama beberapa wartawan, saya merasa handling sangat positif sekali untuk small MPV. Karena waktu itu saya belum dijelaskan, maka saya langsung tanya pada orang-orang Mitsubishi di Jepang. Dari situ saya mendapat penjelasan, bahwa Xpander ini memakai struktur kaki-kaki yang diambil dari teknologi Mitsubishi Evolution,” jelas Rifat Sungkar yang kenal betul karakter Evo karena selama kariernya di reli mobil, dia selalu menggunakan Evo. Mulai Evo 1 sampai 10.

Karena itulah Rifat merasa, feedback steering Xpander mirip sama Evo “Karena saya betul karakter mobil itu,” tandasnya. Ditambahkannya selain struktur strutbar bagian atas, Xpander ini juga menggunakan struktur suspensi yang mengadopsi teknologi Evo.

Dan yang menarik ketika Xpander dijajal rame-rame dengan diisi 6 orang di medan gravel yang sangat bumpy, Rifat merasakan sensasi yang positif.

“Saat saya menghantam bagian jalan yang sangat keras, saya merasakan adjustment suspensinya seperti ada double adjustment. Sehingga keras kenanya, tapi landingnya empuk,” ungkap Rifat.

 

Harga & Varian Mitsubishi Xpander*

undefined
Antusiasme pengunjung.

Varian                Transmisi            Harga (OTR Surabaya/Jatim)

Ultimate              4 A/T                    Rp 250.600.000

Sport                   4 A/T                    Rp 242.400.000

Exceed               4 A/T                     Rp 230.200.000

                           5 M/T                    Rp 219.800.000

GLS                    5 M/T                    Rp 213.800.000

GLX                    5 M/T                    Rp 194.300.000

* Semua menggunakan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve (4 Silinder)

Naskah & Foto: Indramawan

Reporter : Otoplus Editor
Editor : Otoplus Editor

KOMENTAR

MOST READ
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×