Keyless Mobil Built Up: Rentan Nge-Jam Karena Beda Frekwensi

  • Selasa, 5 September 2017 20:15 WIB

Bermasalah karena perbedaan frekwensi gelombang radio. | HD12

Rifat Sungkar, pereli nasional sekaligus Product Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia dan pemerhati otomotif serta safety driving instructor juga menjelaskan, beberapa masalah lain bisa timbul pada keyless ignition system bawaan mobil yang tidak dijual resmi di Indonesia atau built up.

“Misalnya mobil Jepang atau Amerika. Dari beberapa kasus, muncul masalah saat mengaktifkan remote keyless itu karena perbedaan frekwensi gelombang radio yang dipakai. Seperti ketika mobil dibawa ke basement di Senayan. Mobil enggak mau nyala,” kata Rifat.

Bahkan menurutnya, untuk buka pintu, pengendara harus benar-benar mendekatkan remote itu ke pintu. “Karena gelombang radio yang dipancarkan remote keyless itu tertabrak dengan gelombang UHF di Indonesia. Saya enggak tahu pasti apakah gelombang radio remote keyless itu UHF atau VHF. Tapi seperti itulah yang terjadi,” jelas Rifat sambil menambahkan gelombang yang dipancarkan remote keyless ini memang sangat rendah, dan kadang terlalu rendah sehingga muncul masalah jamming ini.

Naskah: Indramawan

Foto: HD12

Reporter : Otoplus Editor
Editor : Otoplus Editor

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×