Electric Custom Bikes: Welcome To The Future

  • Senin, 21 Agustus 2017 10:00 WIB

Biaya pengurusan STNK dan plat nomer yang tak masuk akal di Cina jadi peluang bisnis motor custom listrik. | Shanghai Customs

Asosiasi industri sepeda motor dunia telah menyepakati pelarangan kendaraan berbahan bakar bensin tahun 2040 nanti, sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara. Menurut Steve Kenward, selaku CEO dari Motorcycle Industry Association, “Kesepakatan ini menjadi pemicu bagi industri sepeda motor untuk mendorong produksi sepeda motor listrik.”

Nyatanya, tak hanya pabrikan seperti Honda yang mulai memproduksi dan memasarkan motor listriknya, EV-Cub tahun depan. Workshop motor custom di Cina, yaitu Shanghai Customs pun mulai getol membangun electric custom bikes. Paling tidak, ada 2 model electric bikes yang telah mereka buat. Yang pertama, bergaya street tracker, dan yang kedua model choppy cub.

undefined
Street Tracker listrik buatan Shanghai Customs.

“Ada trend sepeda motor listrik yang besar di Cina saat ini. Penyebab utama adalah kebijakan pemerintah yang memberlakukan harga tidak masuk akal untuk pengurusan STNK dan plat nomor untuk sepeda motor bensin di kota-kota besar. Sementara untuk sepeda motor listrik, jauh lebih murah,” jelas Matthew Waddick, pria asal Selandia Baru yang menjalankan workshop Shanghai Customs ini, seperti dikutip dari Bikeexif.

Dicontohkannya, di Shanghai, Anda masih bisa mendapatkan plat nomor untuk sepeda motor bensin dengan membayar 450.000 Yuan, atau jika dikonversikan ke rupiah sekitar Rp 900 juta lebih. Edan! Tapi untuk motor listrik jauh lebih murah, cuma bayar 50 Yuan atau sekitar Rp 100 ribu saja.

Dari sini tampak bahwa, dengan populasi yang mencapai 1,4 miliar penduduk, Cina mati-matian dalam mengendalikan polusi udara yang diakibatkan oleh pemakaian kendaraan bermotor.

Jadi sangat masuk akal bila manufaktur rumahan seperti Shanghai Customs pun mulai melirik pasar custom bike elektrik ini.

undefined
eCub buatan Shanghai Customs

“Shanghai adalah pasar terbesar untuk kami. Sebelum jutaan mobil dan sepeda motor memenuhi jalanan, orang-orang di sini terbiasa menggunakan sepeda kayuh. Karena itu, dengan kemacetan yang gila seperti ini, kami yakin produk kami diminati, terutama untuk eCub,” yakin Matthew.

Bagaimana dengan Indonesia? Sepertinya builder harus sudah mulai mencoba bikin motor custom listrik. Ya, welcome to the future…

Naskah: Indramawan

Foto: Shanghai Customs (http://www.sh-customs.com/)

Reporter : Otoplus Editor
Editor : Otoplus Editor

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×