MotoGP Misano: Marquez Kalahkan Petrucci Di Lap Terakhir

  • Minggu, 10 September 2017 21:00 WIB

Marc Marquez kembali pimpin klasemen sementara setelah menang di Misano. | MotoGP.com

Hujan yang mengguyur sirkuit Misano World Circuit Marco Simoncelli tempat digelarnya seri ke-13 MotoGP Misano hari ini (10/09) membuyarkan prediksi sebelumnya. Trek basah dan licin membuat 6 pembalap terjatuh dan tidak bisa meneruskan balap. Termasuk Jorge Lorenzo yang sempat memimpin di depan.  Beberapa lagi terjatuh, namun beruntung bisa terus lanjut, seperti Loris Baz yang harus jatuh bangun 2 kali.

Skenario seperti ini tentu membuat pembalap yang sedang memperebutkan gelar juara dunia, yaitu Andrea Dovizioso, Marc Marquez, dan Maverick Vinales harus memperhitungkan matang-matang. Apakah  mereka harus ngotot menang dengan resiko tergelincir dan kemudian terjatuh lalu kehilangan banyak poin?

Bagi beberapa pembalap, opsi ini bukan menjadi pilihan. Selisih poin 3 pembalap teratas klasemen sementara ini, sebelum MotoGP Misano berlangsung, hanya 13 poin saja. Gagal finish berarti kehilangan 25 poin.

undefined
Andrea Dovizioso memilih untuk bermain aman.

"Semua pembalap ingin selalu menang. Tapi kali ini saya merasa tidak terlalu nyaman dengan motor. Lalu kemudian semua pembalap hampir terjatuh hari ini. Dan saya pun bisa saja melakukan kesalahan. Karena itu, saya cukup senang dengan podium ketiga ini, mengingat kami belum pernah naik podium di Misano ini. Lagian, saya masih berpeluang merebut gelar juara dunia, dan seri ini masih akan berlangsung lama,” ujar Dovi yang memilih bermain aman di posisi ke-3.

Keputusan yang berbeda diambil oleh Marc Marquez. Membalap di belakang Danillo Petrucci dalam kondisi hujan seperti ini, Marquez sempat dihadapkan pada pilihan sulit. Apakah dia harus ngotot melawan Petrucci, seorang pembalap tim satelit Ducati yang nothing to lose karena bukan title contender namun berambisi juara? Ataukah Marquez harus playing safe di urutan ke-2?

undefined
Dengan kondisi trek masih basah dan licin, Marquez memaksa untuk fight dengan Petrucci di 2 lap terakhir.

"Sebenarnya saya selalu mengontrol diri saya sepanjang balap, meskipun saya tahu, saya bisa lebih cepat lagi. Tapi saya juga tahu, saya harus sabar. Tapi di lap terakhir, saya kemudian punya pikiran, saya harus coba. Sebab pertarungan memperebutkan gelar juara dunia ini sangat ketat, dan menang di sini sangat penting,” ujar Marquez yang akhirnya memilih resiko berani menantang Petrucci di 2 lap terakhir.

undefined
Pembalap peraih podium MotoGP Misano.

Resiko ini berhasil dilewati Marquez yang ahirnya berhasil menyalip Petrucci pada lap terakhir. Tak hanya berhasil mencatatkan kemenangan ke-4 musim ini, Marquez juga berhasil memimpin kembali klasemen sementara, menggeser Dovi di posisi kedua, dengan poin yang sama, yaitu 199.

Naskah: Indramawan

Foto: MotoGP.com

undefined
Hasil balap.
undefined
Klasemen sementara.

 

Reporter : Otoplus Editor
Editor : Otoplus Editor

Tags :

#motogp # #misano

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×