MotoGP: Bakal Lombakan Kelas Motrik?

  • Kamis, 13 Juli 2017 14:30 WIB

MotoGP Bakal Lombakan Kelas Motor Listrik | Motogp.com

Rencana membuka kejuaraan motor listrik sebagai supporting class di MotoGP terus bergulir. “Kami sekarang sedang menyelidiki, apakah memungkinkan mewujudkan itu. Dan kalau pun mungkin, siapa yang bisa jadi partner,” buka MotoGP Director of Technology Corrado Cecchinelli.

Lebih lanjut Cecchinelli menjelaskan, pihaknya tidak bermaksud untuk mengubah 3 kelas yang sekarang dipertandingkan (Moto3, Moto2 dan MotoGP) menjadi kejuaraan motor listrik. Kelas baru ini nantinya di luar kelas yang sudah ada tersebut, dengan format single-spec series (kejuaraan berseri dengan satu spek), dan akan digelar di beberapa event MotoGP saja.

Tujuannya adalah untuk mengikuti trend yang sedang berkembang sekarang di kalangan industri otomotif roda dua, sementara  format single-spec series dianggap sebagai cara paling sederhana untuk memulai. Ya, saat ini federasi internasional untuk kejuaraan roda empat (FIA) sudah melombakan Formula E. Sementara FIM sendiri sebagai federasi internasional kejuaraan roda dua punya ajang TTXGP, yang menjadi bagian dari Isle of Man TT sejak 2009. Tentu Dorna sebagai penyelenggara balap motor paling bergengsi MotoGP tak mau dicap ketinggalan jaman.

Keseriusan Dorna ini disampaikan oleh Cecchinelli. “Paling mungkin kami baru bisa mewujudkan hal ini di tahun 2019,” sergah Cecchinelli. Setelah itu, Cecchinelli berharap bakal ada pabrikan yang tertarik. “Baru setelah itu, katakanlah 3 tahun kemudian, kami bisa membicarakan  open category.”

Sementara ini, Cecchinelli mengakui, balap motor listrik terlihat kurang menarik karena terasa sepi tanpa suara mesin yang menggelegar. “Saya pribadi kurang suka! Tapi saya yakin, pembalap masa depan tak akan lagi menyukai suara bising, karena mereka tak lagi terbiasa dengan itu…”

Kita tunggu saja.

Naskah: Indramawan

Foto: MotoGP.com

Reporter : Otoplus Editor
Editor : Otoplus Editor

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×