Jelang MotoGP Misano: Mekanik Aprilia Dilengkapi Helm Iron Man

  • Sabtu, 9 September 2017 04:00 WIB

Mekanik Aprilia Racing Team Gresini mencoba helm pintar ini di MotoGP Misano akhir pekan ini. | MotoGP.com

Bersamaan dengan gelaran MotoGP di Misano, Aprilia Racing mempresentasikan sekaligus mendemonstrasikan helm augmented reality yang akan dipakai mekanik MotoGP mereka (07/09).

Supaya jelas, augmented reality (AR) atau realitas tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi. Tidak seperti virtual reality (VR) atau realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, AR sekadar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Lantas bagaimana penggunan dan manfaatnya? Konsep AR Helmet ini adalah melengkapi helm dengan visor kaca yang akan berfungsi sebagai heads up display (HUD). Nah HUD ini akan menampilkan data-data dari obyek yang sedang dilihat mekanik. Dengan begini, mekanik sangat terbantu dalam mengerjakan tugasnya. Ya kurang lebih mirip helm pintar yang diciptakan Tony Stark untuk Iron Man.

Untuk itu, AR Helmet ini mempunya kamera yang terpasang, termasuk thermal imaging camera. Nah kamera inilah yang mengidentifikasikan apa yang sedang dilihat mekanik. Kamera ini juga bisa mengenali setiap bagian motor berdasarkan model 3D sepeda motor yang tersimpan dalam system memory.

undefined
Kamera pada helm bisa mengenali setiap bagian motor berdasarkan model 3D sepeda motor yang tersimpan dalam system memory.

Dicontohkan oleh pihak Aprilia , ketika seorang mekanik melihat sebuah komponen motor, mereka bisa tahu usia pakai komponen itu. Pabrikan sudah pasti batas pakai komponen demi menjaga performanya. Dari sini mekanik bisa memutuskan apakah komponen ini perlu diganti atau belum waktunya.

undefined
Ketika mekanik melihat sebuah komponen motor, mereka bisa tahu usia pakai komponen itu dan data-data penting lainnya.

Contoh lain fungsi thermal imaging camera adalah dalam hal optimalisasi pendinginan motor. Terkait hal ini, radiator dan oil cooler adalah komponen sangat vital. Nah dengan kamera ini, seandainya saluran pendingin radiator tersumbat, maka mekanik bisa langsung mendeteksinya dan segera memperbaikinya.

undefined
Dengan thermal imaging camera, mekanik bisa tahu seandainya ada keanehan pada suhu oli atau radiator.

AR Helmet ini menggunakan platform software khusus yang dikembangkan oleh perusahaan Italia, Realmore, dan kemudian ditanamkan pada helm pintar yang dikembangkan oleh DAQRI.

Dan mekanik Aprilia Racing Team Gresini pun mendapat kehormatan mencobanya di MotoGP Misano akhir pekan ini.

Naskah: Indramawan

Foto: MotoGP.com

Reporter : Otoplus Editor
Editor : Otoplus Editor

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×