Jelang MotoGP Misano: Hanya Tester Ducati Yang Sanggup Saingi Marquez Di FP1

  • Jumat, 8 September 2017 19:00 WIB

Marc Marquez mendominasi FP1. | MotoGP.com

Absennya Valentino Rossi di seri ke-13 MotoGP Misano akibat cedera saat berlatih enduro di kampung halamannya (31/08) lalu dikhawatirkan bakal mengurangi antusiasme penonton. Harus diakui, Rossi masih menjadi magnet di MotoGP, terutama di Misano yang adalah home race-nya.

Melihat peringkat klasemen sementara, absennya Rossi bakal semakin memperkecil peluangnya sebagai title contender. Sementara ini, Rossi ada di posisi 4 dan terpaut 26 poin di belakang Dovizioso yang ada di posisi pertama. Sedangkan pembalap top 3, Andrea Dovizioso, Marc Marquez, dan Maverick Vinales hanya terpisah 13 poin.

Jelas sangat sulit bagi Rossi untuk mengejar ketertinggalan, apalagi jika melihat 3 rival utama yang sangat kompetitif ini. Belum lagi pembalap tim satelit yang tak kalah kompetitifnya.

Seperti yang terlihat di latihan pertama atau Free Practice 1 (FP1) pada hari Jumat (08/09). Justru test rider Ducati, Michele Pirro yang mampu menyaingi kecepatan pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez. Di Misano ini, Pirro membalap dengan status wildcard.

Di FP1 ini, Marquez yang gagal finish di seri sebelumnya akibat jebol mesin, tampil mendominasi. Setelah menggeser catatan waktu Danilo Petrucci, pembalap tim satelit Ducati, OCTO Pramac Racing, Marquez semakin sulit tertandingi catatan waktunya, yakni 1 menit 33,951 detik. Hanya Pirro yang berhasil memperpendek gap menjadi 0.037 detik ketika waktu latihan hanya tersisa 5 detik.

Itu pun dikoreksi lagi oleh Marquez yang melaju lebih cepat lagi dengan catatan waktu 1 menit 33,556 detik, sekaligus mengakhiri sesi FP1. Pirro ada di posisi kedua dengan selisih waktu 0,432 detik. Sementara di posisi ke-3 ada pembalap tim pabrikan Ducati, Andrea Dovizioso yang terpaut hampir 0,2 detik.

Yang menarik, Dovi adalah satu-satunya pembalap pembesut GP17 yang tanpa dilengkapi aero fairing Ducati. Sementara Pirro, Petrucci (urutan ke-5) dan Jorge Lorenzo (urutan ke-6) semua memakainya.

Pada kesempatan ini, pembalap title contender yang lain, Maverick Vinales (urutan ke-8) sedang mencoba frame prototype YZR-M1 untuk musim 2018.

Naskah: Indramawan

Foto: MotoGP.com

 

undefined
Hasil FP1

Reporter : Otoplus Editor
Editor : Otoplus Editor

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×