Jelang MotoGP Inggris: Vinales Kalahkan Lorenzo 0,5 Detik Di FP1

  • Jumat, 25 Agustus 2017 18:30 WIB

Vinales tercepat di FP1. | MotoGP.com

Ketika Valentino Rossi mulai kehilangan harapan untuk bertarung memperebutkan juara dunia, seiring kompleksnya masalah yang dihadapi Yamaha hingga motor kurang kompetitif, Maverick Vinales justru sebaliknya. Di sesi latihan pertama atau Free Practice (FP1) yang digelar hari ini (Jumat, 25/08), Vinales mampu mengalahkan Jorge Lorenzo dengan selisih waktu 0,5 detik.

Optimisme pembalap Spanyol ini memang terlihat sejak konferensi pers. “Kami memang menghadapi saat-saat yang berat saat ini, tapi itu justru membuat kami lebih kuat. Dan ketika nanti kami sudah berhasil mengatasi masalah ini, kami akan memaksimalkannya nanti. Dan saya sangat senang, karena kami bisa melakukan tes di Misano sebelum datang ke Silverstone,” yakin Vinales yang melahap lebih dari 90 lap untuk menemukan solusi atas masalah yang dihadapi Yamaha, bersama dengan Valentino Rossi di Misano, sekaligus mencoba beberapa komponen baru yang masih dirahasiakan Yamaha. Perlu dicatat juga, tahun lalu, Vinales menang di Silverstone bersama Suzuki.

Dominasi Vinales di FP1 ini terlihat pada 20 menit terakhir (dari 45 menit) sesi FP1. Secara konsisten, dia membuat catatan waktu tercepat, sampai akhirnya, pemasangan ban belakang kompon keras menghasilkan grip yang cukup kuat bagi rider 22 tahun ini, untuk menorehkan waktu 2 menit 2,130 detik. Lap time ini lebih cepat 0,519 detik dari rekan senegaranya, Jorge Lorenzo.

Soal Lorenzo, seiring tumbuhnya confidence akan besutannya yang makin konsisten, performanya di FP1 ini cukup bagus. Sayang itu baru terjadi pada 5 menit terakhir. Sebelum itu, baik Lorenzo maupun rekannya di Ducati, Andrea Dovizioso berada di luar top six pembalap tercepat.

Namun demikian, kekuatan Ducati di Silverstone tahun ini patut diwaspadai. Tiga tahun ini, performa mereka di sirkuit eks lapangan udara yang menjadi markas pesawat bomber Inggris, Royal Air Force selama Perang Dunia II ini naik-turun. Pasalnya, meski trek sangat panjang (3,6 mil), tapi memiliki banyak kesulitan, seperti permukaan trek bergelombang dan berubah-ubah arah, sehingga kurang cocok untuk motor Ducati.

Namun demikian, ketika Lorenzo di menit-menit akhir mengganti ban belakang dengan kompon soft, dia langsung menyodok ke posisi dua, mengungguli pembalap tuan rumah, Cal Crutchlow, yang diramalkan bakal turut meramaikan pertarungan baris depan.

Kita tunggu saja kejutan-kejutan selanjutnya.

Naskah: Indramawan

Foto: MotoGP.com

 

undefined
FP1 Results

Reporter : Otoplus Editor
Editor : Otoplus Editor

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×