Jelang MotoGP Inggris: Marquez Kalahkan Rossi Di Kualifikasi, Crutchlow Mengancam

  • Minggu, 27 Agustus 2017 03:00 WIB

Siapakah yang akan memenangkan MotoGP Inggris? | MotoGP.com

Kejutan demi kejutan yang sulit diduga terjadi di sepanjang latihan bebas hari Jumat - Sabtu hingga kualifikasi. Setelah di FP3, pasukan Yamaha mendominasi (Zarco-Vinales-Folger), maka di FP 4 giliran skuad Ducati yang memimpin 1-2 lewat Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso. Dan yang lebih menarik lagi terjadi di sesi kualifikasi. Kali ini, Marc Marquez dan Valentino Rossi yang menempati posisi 1 dan 2.

undefined
Di FP4, giliran skuad Ducati yang memimpin 1-2 lewat Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso.

Hanya mampu menempati posisi 4 di FP1, lalu posisi 5 di FP2, urutan 7 di FP3 dan ke 4 di FP4, tiba-tiba saja Marquez menjadi pembalap motor pertama yang mampu membuat catatan waktu fantastic Silverstone, di bawah 2 detik. Persisnya, 1 menit 59,941 detik! Dengan lap time tak tertandingi ini, Marquez pun berhak menempati pole position.

undefined
Marquez jadi pembalap motor pertama yang mampu membuat catatan waktu di bawah 2 detik di Silverstone!

Meski demikian, tak mudah bagi Marquez untuk membuat lap time fantastik ini. Dia benar-benar on the limit memaksa ban depan-belakang dan mesin motornya bekerja habis-habisan, untuk mengalahkan catatan waktu yang dibuat Rossi. Dan akhirnya, selisih waktu yang dibuatnya hanya selisih sangat tipis, 0,084 detik!

undefined
Rossi terkejut bisa tempati urutan ke 2 meski bermasalah dengan roda belakang kerap spin.

Acung jempol juga patut diberikan pada pembalap tuan rumah Cal Crutchlow yang harus diperhitungkan di home race-nya. Setelah sempat menjadi yang tercepat di FP2, Crutchlow berhasil menempati urutan ke-3 tercepat di sesi kualifikasi ini. Seandainya saja, dia tak melakukan kesalahan di tikungan 13 pada flying lap terakhirnya, bisa saja Crutchlow menempati pole position. Sebab kesalahan itu membuatnya kehilangan waktu 0,3 detik, sehingga kalau dijumlahkan dengan catatan waktunya 2 menit 00.106 detik, maka harusnya Crutchlow unggul atas Marquez 0,1 detik. Dan karena kesalahan itu pula, Crutchlow harus rela digeser Rossi ke posisi 3.

undefined
Seandainya tak lakukan kesalahan di tikungan 13, catatan waktu Crutchlow lampaui Marquez.

Jelas MotoGP Inggris hari Minggu (27/)8) ini bakal menyajikan pertarungan seru. Akankah Marquez atau Rossi yang berjaya? Ataukah Vinales, Lorenzo dan Crutchlow yang tampil kompetitif? Kita tunggu saja!

Naskah: Indramawan

Foto: MotoGP.com

 

undefined
Hasil Q2
undefined
Hasil Q1

 

undefined
Hasil FP4

Reporter : Otoplus Editor
Editor : Otoplus Editor

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×