Jelang MotoGP Inggris: Crutchlow Tercepat, Marquez Jatuh 2 Kali Di FP2

  • Jumat, 25 Agustus 2017 22:15 WIB

Cal Crutchlow menjadi yang tercepat di FP2. | MotoGP.com

Kejutan kembali terjadi di sesi Free Practice 2 hari Jumat (25/08). Kali ini pembalap tim satelit LCR Honda, Cal Crutchlow menempati peringkat teratas tercepat, sementara pembalap andalan tim pabrikan Repsol Honda, Marc Marquez justru tersungkur 2 kali!

Sebenarnya bukan hal mengejutkan jika pembalap tuan rumah, Crutchlow tampak bersinar di Silverstone. Tahun lalu pun, pembalap bernomor start 35 ini merebut pole position. Justru yang menarik adalah insiden terjatuh Marquez ketika dia mencoba ban belakang kompon keras.

Ya, MotoGP Inggris dikenal dengan cuacanya yang berubah-ubah. Jika pada FP1 pagi hari, pembalap dimanjakan ban belakang kompon lunak dan medium, namun pada FP2 yang digelar ketika matahari bersinar terik, ban kompon keras lah yang jadi pilihan pembalap.

Apes bagi Marquez yang terjatuh pada putaran pertamanya, saat melibas tikungan 4 yang berkarakter cepat. Sementara Crutchlow yang memakai ban spek sama, langsung menjadi pembalap pertama yang berhasil membuat catatan waktu  2 menit 01 detik.

Meski sempat terjatuh, Marquez sama sekali tak menunjukkan ciut nyali. Begitu berganti motor, dan memilih ban kompon medium, dia langsung melesat dan hanya butuh 2 lap untuk menemani Crutchlow dalam daftar 2 pembalap tercepat. Namun lagi-lagi Marquez terjatuh pada putaran terakhirnya dengan ban medium itu.

Kejutan tak hanya datang dari kubu Honda. Di Yamaha pun, Valentino Rossi mulai menunjukkan taringnya, sementara Maverick Vinales masih tampak kompetitif setelah menjadi yang tercepat di FP1.

undefined
Rossi membuat kemajuan dengan menempati urutan ke-2 tercepat.

Yang menarik di kubu Yamaha adalah, Rossi dan VInales memakai ban yang berbeda di FP2 ini. Kalau Rossi memilih ban belakang kompon keras, tapi Vinales justru kompon lunak. Dan hasilnya sama-sama bagus. Catatan waktu keduanya tak selisih amat.

Karena itulah pada run kedua, dua pembalap ini masih memilih kompon ban yang sama. Hasilnya, meskipun Vinales mampu mengungguli catatan waktunya, namun Rossi melihat catatan waktu yang dibuatnya konsisten di 2 menit 02 detik.

Dan akhirnya, Rossi pun penasaran untuk menjajal ban belakang kompon lunak di beberapa menit terakhir. Hasilnya sangat baik, karena Rossi berhasil mempersingkat catatan waktunya dan naik ke peringkat kedua tercepat. Hanya selisih 0,2 detik dari Crutchlow. Sementara Vinales ada di urutan ke-3 dengan selisih waktu 0,03 detik dari Rossi.

Kejutan lain dibuat oleh Aleix Espargaro, pembalap Aprilia di menit-menit terakhir. Dia sukses menempati posisi ke-4 setelah menggeser Marquez yang terjatuh. Setelah sesi FP2 berakhir, pembalap diberikan kesempatan menjajal prosedur flag-to-flag yang baru.

undefined
Setelah sesi FP2 berakhir, pembalap diberi kesempatan menjajal prosedur flag-to-flag yang baru.

Naskah: Indramawan

Foto: MotoGP.com

 

undefined
Hasil FP2

Reporter : Otoplus Editor
Editor : Otoplus Editor

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×