Dirt Track Racing, Faak – Austria 2017: Test Ride Street Rod XG 750 Sekaligus Balap Untuk Jurnalis

  • Senin, 11 September 2017 10:45 WIB

Elia Sammartini (Italia - Riders Magazine) memenangkan balap. | Onno “Berserk” Wieringa

Harley-Davidson menggelar European Bike Week di Lake Faak, Austria (5-10 September 2017) kemarin untuk merayakan edisi ke-20 tahun ini. Demi memeriahkan acara, Harley-Davidson menggelar dirt track racing.

undefined
Sepuluh unit Street Rod XG 750 2018 telah dimodifikasi untuk balap dirt track.

Yang menarik adalah, Harley-Davidson menyiapkan 10 unit baru Street Rod XG 750 yang telah dimodifikasi menjadi motor dirt track, sehingga sekitar 20 jurnalis yang hadir dari penjuru dunia (Jepang, Afrika Selatan, Skandinavia, Spanyol, Italia, Belanda, Jerman, Austria), termasuk OTOPLUS bisa menguji kemampuan motor itu, sekaligus menjajal keterampilan berkendara di atas trek oval sepanjang 200 meter yang ada di lokasi paling indah danau Faak tersebut.

undefined
Trek oval sepanjang 200 meter dibuat di lokasi danau Faak yang paling indah.

Beberapa dari jurnalis tersebut membawa kuda besi mereka sendiri, dan beberapa yang lainnya belum pernah menjajal Street Rod atau juga balap dirt track. Tapi tak perlu khawatir karena kami mendapat pelatihan terlebih dahulu yang diberikan oleh instruktur dan spesialis dirt track asal Italia, ‘Professor’ Marco Belli dan timnya (www.ditraversoschool.it).

undefined
Pelatihan diberikan instruktur Italia, ‘Professor’ Marco Belli beserta tim

Mmm... dengan trek yang sangat pendek dan bobot motor yang berat memang bukan perkara mudah untuk beradaptasi. Karena itu, Street Rod keluaran 2018 yang kami gunakan terlebih dahulu dimodifikasi oleh IDP Moto Ltd yang bermarkas di Silverstone, Inggris (www.idpmoto.com) supaya ringan untuk dirt track.  

undefined
Motor dimodifikasi dulu untuk keperluan dirt track oleh IDP Moto Ltd.

Rem depan dihilangkan, setang ganti baru, begitu juga jok dan tangki yang semuanya dimodifikasi supaya cocok untuk keperluan dirt track. Soal performa, mereka memasang filter udara terbuka dan knalpot pendek. Sokbreker belakang juga dipasang merek Ohlins, sementara bagian depan masih bawaan motor.

undefined
Babak kualifikasi mengadu 2 wartawan secara bergantian.

Sebelum balap, 20 wartawan itu diperkenalkan dulu dengan balap dirt track pada hari Selasa (05/09). Setelah itu mereka mengikuti babak kualifikasi yang mengadu 2 wartawan secara bergantian, untuk mendapatkan peserta yang akan maju ke 2 heat terakhir, yang masing-masing melombakan 4 peserta, dan melahap 6 putaran.

undefined
Babak kualifikasi mengadu 2 wartawan secara bergantian.,

Akhirnya balap dimenangkan oleh Elia Sammartini (Italia) yang mewakili Riders Magazine, setelah bertarung ketat melawan Ferran Mas (Spanyol) yang menulis untuk Solo Moto. Di posisi ketiga ada Daigaro Suzuki (Jepang).

undefined
Jurnalis pemenang: Elia Sammartini (Italia - Riders Magazine), Ferran Mas (Spanyol - Solo Moto) dan Daigaro Suzuki (Jepang).

Kejutan muncul saat seremoni penyerahan tropi, ketika Ferran Mas diumumkan sebagai peserta yang mampu membuat fastest lap. Untuk itu, dia berhak membawa pulang 1 dari 10 unit XG 750 Dirt Rods itu ke Spanyol sebagai grand prize!

undefined
Ferran Mas membuat fastest lap sehingga berhak membawa pulang 1 unit XG 750 Dirt Rods.

Balap tak hanya sampai di sini. Sejak hari Kamis dan Jumat, pengunjung juga bisa mem-booking Dirt Track Seminar, dan mengendarai motor yang sama dengan hanya membayar 75 € untuk 2 jam dalam sesi Riding School Experience.

undefined
Pengunjung juga bisa menjajal dirt track dengan hanya membayar 75 € untuk 2 jam dalam sesi Riding School Experience.

Acara berlanjut sampai Sabtu yang merupakan acara puncak European Bike Week yang merupakan hajatan European Authorized Harley Dealers. OTOPLUS sangat beruntung karena bisa bertemu dengan tamu spesial Karen Davidson, anak perempuan dari William Godfrey Davidson yang sangat tersohor itu.

undefined
Onno “Berserk” Wieringa (OTOPLUS & Motor Plus Special Contributor) bersama Karen Davidson.

Willie G. Davidson adalah pebisnis dan juga desainer sepeda motor, sekaligus mantan senior vice president & chief styling officer dari Harley-Davidson Motor Company ini adalah putra dari mantan presiden Harley-Davidson, William H. Davidson dan juga cucu pendiri Harley-Davidson, William A. Davidson.

Naskah & Foto: Onno “Berserk” Wieringa

www.madnessphotography.nl

Reporter : Otoplus Editor
Editor : Otoplus Editor

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×