Cara Tune Up Instant, Hanya Butuh Waktu 5 Menit

  • Kamis, 14 September 2017 15:00 WIB

Tune Up Instant | OTOPLUS

Perkembangan zaman menuntut manusia untuk lebih praktis dalam segala sektor kehidupan. Tak ketinggalan urusan perawatan mesin. Kalau dulu tune up memerlukan waktu cukup lama, kini semakin singkat.

Bahkan urusan tune up ringan dapat dilakukan dengan cepat, plus tak perlu ke bengkel. Seperti tune up untuk membersihkan ruang bakar, yang di bengkel-bengkel pun sering terlewat karena kudu membongkar kepala silinder.

Cara paling praktis membersihkan ruang bakar, termasuk kepala piston dan kubah ruang bakar, bisa menggunakan engine conditioner foam. “Cukup memasukkan engine conditioner melalui lubang busi. Teorinya sama persis dengan cara carbon clean pada mobil,” tutur Burhan, mekanik Han’s Motor, Surabaya.

Engine conditioner foam ini memang lebih bagus mengurangi deposit di dalam ruang bakar. “Zat yang dikandung lebih keras sehingga deposit karbon cepat rontok. Selain itu, zat foam tidak hanya membersihkan kepala piston, namun juga kubah ruang bakarnya lantaran ketika disemprot akan mengembang,” lanjutnya.

Teknik menggunakan carbon clean sangat mudah. Sebelum melepas busi, ada baiknya mesin dihangatkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mempercepat reaksi cleaner pada deposit karbon. Baru setelah itu melepas busi.

undefined
Lepas busi untuk memasukkan foam engine conditioner

Lantas, memposisikan piston pada TMA. Pada motor, tanda TMA umumnya berada di bagian magnet dengan indikator huruf T.

Bisa pula menggunakan cara manual menggunakan selang yang tersedia pada engine conditioner. Cari ketika posisi paling tinggi, sebagai pertanda piston dalam posisi top atas. Tujuannya agar volume yang disemprotkan sedikit, namun dapat menjangkau hingga kubah ruang bakar. Selanjutnya tinggal menyemprotkan engine conditioner dalam ruang bakar. Biarkan selama 5 hingga 10 menit agar kerak rontok.

Setelah itu, buang foam yang ada di ruang bakar dengan cara melakukan starter berkali-kali. Bisa memakai elektrik starter atau kick starter manual.

undefined
Buang sisa engine conditioner dengan cara melakukan starter

Begitu dirasa sudah cukup bersih, pasang busi kembali. Proses terakhir adalah membuang sisa engine conditioner hingga benar-benar habis. Caranya dengan menghidupkan mesin sembari memutar gas. Bila mesin sudah stasioner normal, pertanda engine conditioner sudah keluar dari ruang bakar. Praktis kan?

Naskah & Foto: OTOPLUS

Reporter : Otoplus Editor
Editor : Otoplus Editor

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×