Suzuki Raider R 2008, Pontianak: Terinspirasi Jebolan AMD

  • Sabtu, 2 September 2017 17:00 WIB

Suzuki Raider 2XP Custom Tech | OTOPLUS

Memang perbincangan seputar AMD World Championship of Custom Bike Building sedang hangat dibicarakan oleh custom enthusiast Indonesia. Apalagi, OTOPLUS sukses menyelenggarakan OTOPLUS Showbike Fighting 2017 yang berafiliasi dengan AMD beberapa waktu lalu. Tentu fenomena tersebut membuat dunia industri kreatif menjadi semakin bergeliat.

Berbicara soal AMD, sebuah Suzuki Raider-R milik Aci Anwar digarap berkat inspirasi dari AMD World Champhionship. “Motor ini sebetulnya proyek lama yang tidak kunjung selesai. Konsepnya terinspirasi salah satu motor jebolan AMD World Championship tahun 2011 silam,” ujar Irfandi, selaku punggawa workshop 2XP Custom Tech asal Pontianak.

Motor yang menjadi inspirasi adalah sebuah karya dari Garage65 workshop asal Italia, yang buildernya bernama Marco Cinquini. Motor berjuluk Stargate memiliki keunggulan pada eksploitasi mesin dengan ditopang frame minimalis.

“Bentuknya unik, frame hanya bertumpu di atas mesin. Konsep inilah yang coba kami terapkan. Namun, tidak perfect, karena akhirnya kudu banyak melakukan toleransi. Terutama di desain rangka dan sistem suspensi,” tutur Irfan, sapaan sang builder.

Secara garis besar, main frame pada karya Irfan ini mengusung pipa yang berukuran lumayan besar. Dengan pipa utama 5 inci. Sedangkan di bagian lain, rangka ditunjang dengan kombinasi beberapa ukuran yakni 3/4 dan 1/2 inci. “Single arm juga desain dari kombinasi pipa tubular,” tunjuk Irfan.

Menurut Irfan, mesti dirinya terinspirasi oleh sebuah karya, “Namun saya tidak lantas menelan mentah-mentah dan meng-copy karya tersebut. Tapi, sudah disesuaikan dengan ide pribadi. Dan inilah hasilnya,” pungkas Irfan.

Mantap!

Naskah & Foto: Ronie

 

      

Mesin Kamuflase

Karena konsepnya ingin mengekploitasi dimensi mesin, jelas tidak cukup hanya mengandalkan mesin bawaan motor. Dari sini timbul ide untuk menambahkan silinder blok milik Satria FU150.

“Tapi sementara hanya kamuflase. Mesin ini tidak nyala kok. Hanya untuk mengejar tampilan di sektor mesin agar terlihat kekar dan padat,” terang Irfan. “Sudah cari info buat bikin custom engine di Pulau Jawa. Cuma belum terealisasi.”

 

Maskot Bengkel

Salah satu yang melambungkan nama workshop 2XP Custom Tech yang digawangi Irfan ini ya motor milik Anwar ini. Pasalnya, sang pemilik merupakan satu pelanggan setia. Bahkan sudah tidak terhitung berapa kali berganti model, semuanya dikerjakan oleh Irfan. Sehingga, bisa dibilang motor ini sudah jadi maskot bengkel.

“Anwar bukan sekadar pelanggan biasa. Sudah seperti saudara. Dari mulai masih muda, hingga sekolah di Australia, kini kembali lagi ke Pontianak dan berkeluarga. Masih setia berkarya dengan motor yang sama,” tutur Irfan yang diamini Anwar.

 

Corak Warna-Warni

Stargate, motor yang menjadi inspirasi mengusung corak Millenium. Didominasi krom, sehingga motor terlihat sangat futuristik.

Namun demikian, Irfan memilih corak yang berwarna. “Dengan perpaduan warna terang seperti biru, merah, dan kuning memberikan kesan dinamis pada motor. Inilah yang menjadi alasan kami dalam menentukan corak,” beber Irfan.

 

Data Modifikasi

Ban dpn: Shinko 150/60-17

Ban blkg: Dunlop 170/70-17

Pelek dpn: Enkei 3.50 x 17 inci

Pelek blkg: Enkei 7.00 x 17 inci

Sok dpn: Gazi

Sok blkg: DNM

Kaliper dpn-blkg: Nissin

Brake lever: Kitaco

Handgrip: Kitaco

Baut: Pro Bolt

Workshop:

2XP Custom Tech

Jl. Karet gg. Alam Jaya no. B12

Pontianak, Kalimantan Barat 

Telp. 081345124647

Reporter : Otoplus Editor
Editor : Otoplus Editor

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×