Modifikasi Suzuki Katana 2003: Potong Atap Demi Soft Top

  • Sabtu, 27 Mei 2017 11:00 WIB

Jimny diubah Sierra | dJansen/otoplus

Pati - Tiga bersaudara, Lukman Hakim, Dicky Darmawan dan Rizki Maulana, patut berbangga memiliki orang tua seperti AKBP Ari Wibowo, SiK. Begitu paham kalau ketiga orang jagoan kecilnya suka mobil ber-genre jip, pria yang berdinas di Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur ini menyiapkan sebuah kendaraan siap turun off-road lansiran pabrikan Suzuki.

undefined
Warna orange, tampilan makin genjreng

“Mobil dimodifikasi mengacu pada bentuk Jimny Sierra,” tutur pria asli kelahiran Kediri ini.

Itu sebabnya pilihannya jatuh pada Suzuki Katana lawas keluaran 2003 yang masih standar. Maklum, Katana terbilang masih satu varian dengan Sierra yang populasinya terbatas sehingga susah dicari.

undefined
Gril lampu depan milik Jimny built up JA 11

Tak usah panjang lebarlah, langsung saja simak ubahan pada satu ‘hadiah besar’ dari mantan Kapolres Pati ini buat ketiga buah hatinya. Otoplus.id

Naskah : dJansen
Foto: dJansen

Chop Top
Bukan perkara mudah untuk mengubah tampilan Katana menjadi Sierra. Pasalnya, meskipun masih satu varian, namun bentuk bodi jelas berbeda, terutama pada bagian atap. 

Katana ber-atap hard top, sedangkan Sierra notabene dari sononya dibekali dengan atap kanvas atau soft top. Mau tak mau, atap harus di-chop alias dipotong supaya bisa diganti pakai kanvas.

Disini letak tingkat kesulitannya. “Proses pemotongan harus hati-hati dan penuh perhitungan agar diperoleh ukuran yang presisi.

undefined
Potong atap demi bentuk Sierra

Meleset sedikit, salah-salah atap jadi miring,” terang Totok Sudiarto, punggawa bengkel Dewi Sakti TBR Garage Tech, yang dipercaya untuk melakukan ubahan.
Tapi jangan khawatir, ada triknya untuk mendapatkan atap yang presisi.

Pastinya, “Saat proses pemotongan pintu harus tetap terpasang, begitu juga saat proses pemasangan,” ungkap Totok. Begitu juga saat memotong kaca depan dan dibuatkan engsel supaya bisa dibuka ke depan.

Tinggikan Kaki-Kaki
Tampilan jip tentu saja harus terlihat gagah dan garang. Itu sebabnya kaki-kaki menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian khusus Totok. “Ground clearance harus naik, tetapi kenyamanan dan keamanan tetap diutamakan,” tegas Totok.

undefined
Kaki-kaki dibuat tinggi

Oleh Totok, per depan dan belakang berikut sokbreker lama langsung dipensiunkan.

Sebagai gantinya adalah seperangkat sok milik Kayaba dan per Futura pada bagian depan. Sedangkan bawaan Carry mengisi bagian belakang. Dampaknya, mobil jadi kian terlihat mendongak. 

Demi kenyamanan, tak lupa sistem suspensi diubah menjadi independent dengan pemasangan swing arm milik varian Jimny built-up bertipe JA 11.

undefined
Mesin, diperbaharui supaya tenaganya terjaga

Data Modifikasi :
Ban : Jungle Trekker 31x9,5-16
Pelek : Kia Sportage
Sok : Kayaba
Per dpn : Suzuki Futura
Per blk : Suzuki Carry
Swing arm : Suzuki JA 11
Locker dpn : Vaccum
Body part : Suzuki Sierra
Kanvas : Bestop
Setir : Suzuki JA 11
Spion : Suzuki JA 11
A/C : ND
Lampu : Delta

Sumber : otoplus

Reporter : Otoplus Editor
Editor : Otoplus Editor

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×