Modifikasi Jeep Cherokee Country 1998: City SUV

  • Selasa, 23 Mei 2017 19:00 WIB

Konsep mobil adventure yang diaplikasi sehari-hari | Gombak/Otoplus.id

Sleman - Produk Jeep sudah diakui ketangguhannya. Bahkan di tanah air, mobil off-road atau SUV (sporty utility vehicle) mendapat sebutan jenis jip, mengacu pada bentuk dan fungsi kendaraan berlabel Jeep tempo doeloe.

Salah satu varian Jeep yang cukup populer di Indonesia adalah Cherokee Country. Pasalnya, dimensi bodi terbilang besar namun tetap andal digunakan turun off-road, baik ringan maupun ekstrem. Tak heran kalau masih banyak yang menjadikan Jeep Cherokee Country sebagai besutan kendaraan kompetisi off-road pula. 

Namun berbeda ketika tangan Ridwan Bima Aria mulai menjahili Cherokee Country lansiran 1998 miliknya. Sebab, “Mobil cenderung dipakai di jalanan kota daripada medan off-road,” terangnya. 

Meski begitu, sisi maskulin SUV asal Amerika Serikat tersebut terlihat menonjol. “Disesuaikan fungsinya saja. Lebih banyak digunakan di dalam kota. Tetapi bukan lantas berdandan ala perkotaan banget. Harus tetap tampil sangar,” yakin Ridwan.

Maksudnya, tidak ‘mengubah’ konsep kendaraan dengan gaya mobil jalanan, seperti memakai pelek lingkar besar dan menurunkan ground clearance, layaknya SUV beraliran donk car. “Tetap fokus pada ubahan yang mengacu ke tampilan gagah sebuah SUV,” terang pria yang bermukim di Citra Graha, Ngaglik, Sleman ini.

Dan tampaknya istilah city SUV cocok buat Cherokee Country milik Ridwan ini. Otoplus.id

Naskah: Gombak
Foto: Gombak

Berkaki Jenjang
Kaki-kaki memang mendapat porsi utama sasaran modifikasi. Ridwan memilih pelek AEV (American Expedition Vehicles), yang merupakan produk aftermarket spesialis 4WD untuk varian Jeep. Ukurannya, berdiameter 17 inci, sedangkan lebarnya adalah 7 inci. 
Pelek berwarna hitam kelam itu terbungkus ban BF Goodrich Mud Terrain T/A 265/70R17. Ban itu sengaja dipilih karena alur tapaknya masih nyaman digunakan di aspal, tidak terlalu berisik. Namun tetap siap bila sewaktu-waktu harus turun light off-road.

Mengaplikasi pelek dan ban tersebut juga sudah diperhitungkan. Terbukti tidak mentok pada fender, terutama bagian atas. Pasalnya, komponen suspensi sudah diganti semua. Ridwan memasang produk Rough Country N 2.0 untuk mengawal keempat roda. 

Berkat suspensi tersebut, tampilan SUV menjadi jangkung tetapi tidak limbung. Membuat kenyamanan dalam kabin semakin meningkat. 

Pegas Kap Mesin
Ketika kap mesin dibuka, kebersihan ruang mesin sangat kentara. Tak ada istilah oli tercecer dari blok mesin. Benar-benar tampil bagai pria maskulin di perkotaan. 

Selain membuat engine bay terjaga kebersihannya, Ridwan turut mengoprek bagian kap mesin. Kalau aslinya engine hood masih kudu disangga dengan batang besi, “Sekarang sudah pakai pegas. Jadi tidak ada batang yang melintang, lebih enak dilihat,” tutur Ridwan, yang menyebutkan kalau memakai barang aftermarket khusus kap mesin Cherokee. 

Knalpot Menggelegar
Suara deruman mesin yang keluar dari mesin 6-silinder bawaan, terdengar membahana namun khas. Dibilang khas karena memakai knalpot berlabel Borla. Merek tersebut memang sudah dikenal sebagai komponen khusus buat SUV.

Aksesoris Lain
Resik dan rapi, itu kesan terhadap tampilan eksteriornya. Tetapi bukan berarti sepi dengan aksesori, walaupun mengusung konsep SUV perkotaan. 
Sebut saja footstep untuk memudahkan naik dan masuk kabin karena kaki-kaki yang jenjang. Peranti berlabel Smittybilt, yang sudah dirancang buat Cherokee. 

Demikian pula pada bagian seputar roda. Terpasang overfender yang membuat tampilan makin maskulin. Sedangkan pada bagian belakang, tepatnya di atas pintu belakang, terdapat visor supaya kaca tidak terlalu kotor.


Data Modifikasi
Pelek    :    AEV    7.0 x 17 inci
Ban    :    F Goodrich Mud Terrain T/A 265/70r17
Sokbreker    :    Rough Country
Visor belakang    :    Custom
Knalpot     :    Borla
Footstep    :    Smithybilt

 


Sumber : otoplus

Reporter : OTOPLUS
Editor : Otoplus Editor

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×